Guide Inqueri
Lembar
kegiatam siswa
Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan
perkecambahan Kacang Tanah
TUJUAN : Mengetahui
pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan perkecambahan kacang tanah melalui metode
ilmiah.
ALAT DAN BAHAN :
1.
Biji
kacang tanah ± 8 butir.
2.
Kapas
basah
3.
air
4.
Wadah
plastik ± 4 buah
CARA KERJA :
1.
Siapkan wadah
plastik, kemudian isi wadah dengan kapas basah
2.
Kecambahkan
biji kacang tanah pada wadah plastik yang berisi kapas basah
3.
Letakkan
2 wadah plastik kecambah di dalam ruangan yang tertutup, dan 2 wadah lagi pada
ruangan terbuka (terkena cahaya matahari)
4.
Tunggu
selama ± 1 minggu, jangan lupa jaga kondisi air agar jangan sampai terlalu
basah dan terlalu kering.
5.
Setelah
satu minggu, dokumentasikan hasil praktikummu kemudian gambar dan tuliskan
bagian-bagian dari kecambah.
DATA PENGAMATAN :
No
|
Nama tanaman
|
Ukuran pertumbuhan kecambah
(dalam 1 minggu)
|
|||||||||||||
Di dalam ruangan
|
Di luar ruangan
|
||||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
||
1.
|
Kacang tanah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertanyaan :
1.
Tuliskan
perbedaan antara pertumbuhan kecambah di dalam dan di luar ruangan
2.
Gambarkan
ukuran pertumbuhan kecambah dalam bentuk grafik
Modifi Inqueri
Lembar
kegiatam siswa
Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan
perkecambahan Kacang Tanah
TUJUAN : Mengetahui
pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan perkecambahan kacang tanah melalui metode
ilmiah.
ALAT DAN BAHAN :
1.
Biji
kacang tanah ± 8 butir.
2.
Kapas
basah
3.
air
4.
Wadah
plastik ± 4 buah
Arahan kegiatan
1.
Tulislah sebuah
rumusan masalah yang akan kamu teliti misalnya : Bagaimana cahaya
dapat mempengaruhi pertumbuhan
perkecambahan ? apa yang terjadi jika kecambah biji kacang tanah itu
diletakkan didalam ruangan ? adakah
perbedaan antara pertumbuhan kecambah didalam ruangan dengan diluar ruangan ?
2.
Tulislah tujuan
penelitian
3.
Tulislah hipotesis
dari penelitian
4.
Rencanakan suatu kegiatan percobaan secara kelompok
tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan
perkecambahan kacang tanah! menggunakan alat dan
bahan sebagaimana disebutkan diatas ! format rancangan sebagai berikut :
§ Rumusan permasalahan
§ Rumusan hipotesis
§ Alat dan bahan
§ Langkah kerja
§ Tabel hasil pengamatan
No
|
Nama tanaman
|
Ukuran pertumbuhan kecambah
|
|||||||||||||
Di dalam ruangan
|
Di luar ruangan
|
||||||||||||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
VII
|
||
1.
|
Kacang tanah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Tulislah hasil pengamatan kelompok anda ke dalam tabel
!
6. Buatlah laporan hasil pengamatan kelompok, dan
diskusikanlah !
7. Kesimpulan apa saja yang anda peroleh ?
Free Inqueri

Proses perkecambahan dipengaruhi oleh oksigen, suhu, dan
cahaya. Oksigen dipakai dalam proses oksidasi sel untuk menghasilkan energi.
Perkecambahan memerlukan suhu yang tepat untuk aktivitas enzim. Pertumbuhan
umumnya berlangsung meski dalam keadaan gelap. Perkecambahan membutuhkan hormon
auksin dan hormon ini mudah mengalami kerusakan pada intensitas cahaya yang
tinggi. Kerena itu di tempat gelap kecambah tumbuh lebih panjang daripada di
tempat terang.
Faktor apa
sajakah yang berpengaruh pada proses perkecambahan ?
Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan merupakan
hasil interaksi antara faktor luar dan faktor dalam. Faktor dalam meliputi
sifat genetik yang ada di dalam gen dan hormon yang merangsang pertumbuhan.
Hormon tumbuhan adalah suatu senyawa organik yang dibuat pada suatu bagian
tumbuhan dan kemudian diangkut ke bagian lain, yang dengan konsentrasi rendah
menyebabkan dampak fisiologis. Peran hormon merangsang pertumbuhan, pembelahan
sel, pemanjangan sel, dan ada yang menghambat pertumbuhan. Saat ini dikenal
hormon auksin, giberelin, sitokinin, asam absisat, etilen, asam traumalin dan
kalin. Faktor luar meliputi faktor
lingkungan. Faktor lingkungan adalah faktor yang ada di sekeliling tumbuhan.
Faktor lingkungan ini misalnya nutrien, air, cahaya, suhu, dan kelembaban.
Apakah suhu
berpengaruh pada proses perkecambahan ?
Suhu berpengaruh terhadap kerja enzim, sehingga suhu juga
berpangaruh terhadap fisiologi pertumbuhan. Perkecambahan tidak dapat
berlangsung pada suhu yang tinggi, karena suhu yang tinggi dapat
merusak enzim. Suhu yang terlalu rendah juga akan menghambat proses
pertumbuhan, suhu optimum yang paling baik untuk pertumbuhan adalah 10-38
.
Umumnya tumbuhan tidak tumbuh di bawah suhu 0
dan di atas 40
.



Mengapa cahaya matahari
dapat mempengaruhi proses perkecambahan
?
Bagi manusia dan hewan cahaya
matahari berfungsi sebagai penerang. Sedangkan bagi tumbuhan dan organisme
berklorofil, cahaya matahari dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku dalam proses
fotosintesis. Dalam proses ini energi cahaya diperlukan untuk berlangsungnya
penyatuan CO₂ dan air untuk membentuk karbohidrat.
Lebih lanjut, adanya sinar matahari merupakan sumber dari energi yang
menyebabkan tanaman dapat membentuk gula. Tanpa bantuan dari sinar matahari,
tanaman tidak dapat memasak makanan yang diserap oleh tanah, yang mengakibatkan
tanaman menjadi lemah
atau mati (AAK, 1983:18).
Guide Inqueri
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Identifikasi Larutan dengan
kertas lakmus
Tujuan
Mengidentifikasi sifat asam dan basa larutan dengan
kertas lakmus
Alat dan bahan
1.
Kertas lakmus biru
2.
Kertas lakmus merah
3.
Gelag kimia 50 mL
atau 100 mL
4.
Pipet tetes
5.
Gelas arloji
6.
Lap tangan
7.
Larutan yang akan
diidentifikasi :
Ø Cuka
Ø Air sumur
Ø Akuades
Ø Alkohol
Ø Air sabun
Ø Asam klorida
Ø Natrium hidroksida
Ø Air gula
Ø Air kapur
Ø Air garam
Cara kerja
1.
Beri label pada
gelas kimia sesuai nama larutan yang tersedia.
2.
Masukan setiap
larutan pada gelas kimia masing-masing sesuai label.
3.
Guntinglah kertas
lakmus merah dan biru masing-masing
1 cm.

4.
Letakkan kedua
lakmus di tepi gelas arloji.
5.
Teteskan cuka ke
kedua kertas lakmus tersebut dengan pipet. Amati dan catatlah perubahan warna
yang terjadi pada kedua kertas lakmus.
6.
Ulangilah dengan
larutan lainnya
7.
Isilah tabel hasil
percobaan berikut !
Tabel
hasil pengamatan identifikasi larutan dengan kertas lakmus
No
|
Larutan
|
Warna kertas
lakmus
|
keterangan
|
|
merah
|
biru
|
|||
1
|
Cuka
|
|
|
|
2
|
Air sumur
|
|
|
|
3
|
Akuades
|
|
|
|
4
|
Alkohol
|
|
|
|
5
|
Air sabun
|
|
|
|
6
|
Asam klorida
|
|
|
|
7
|
Natrium hidroksida
|
|
|
|
8
|
Air gula
|
|
|
|
9
|
Air kapur
|
|
|
|
10
|
Air garam
|
|
|
|
Pertanyaan
1.
Buatlah daftar
kelompok larutan yang sudah diuji dengan
kertas lakmus ke dalam sifat asam, basa atau netral dan isilah tabel pengamatan
!
2. Bagaimanakah
kalian mengetahui larutan yang sudah di uji tersebut bersifat asam, basa atau
netral ?
3.
Mungkinkah larutan
garam bersifat asam atau basa? Buktikan jawabanmu dengan perubahan warna pada
kertas lakmus ! mengapa demikian?
4.
Buatlah kesimpulan
dari hasil percobaan di atas !
Modifi Inqueri
LEMBAR
KEGIATAN SISWA
Identifikasi larutan dengan kertas lakmus
Tujuan
Mengidentifikasi sifat asam dan basa larutan dengan
kertas lakmus
Alat dan bahan
1. Kertas
lakmus biru
2. Kertas
lakmus merah
3. Gelag
kimia 50 mL atau 100 mL
4. Pipet
tetes
5. Gelas
arloji
6. Lap
tangan
7. Larutan
yang akan diidentifikasi :
Ø Cuka
Ø Air sumur
Ø Akuades
Ø Alkohol
Ø Air sabun
Ø Asam klorida
Ø Natrium hidroksida
Ø Air gula
Ø Air kapur
Ø Air garam
Arahan kegiatan
1.
Tulislah sebuah
rumusan masalah yang akan kamu teliti misalnya : Bagaimana kertas lakmus dapat
mengidentifikasi larutan bersifat asam atau basa?Perubahan warna apa yang terjadi pada kertas lakmus dalam larutan yang
bersifat asam? Perubahan warna apa yang terjadi pada kertas lakmus dalam
larutan yang bersifat basa?
2. Tulislah tujuan penelitian
3. Tulislah hipotesis dari penelitian
4. Rencanakan suatu kegiatan percobaan secara kelompok
tentang identifikasi sifat asam dan basa menggunakan kertas lakmus menggunakan
alat dan bahan sebagaimana disebutkan diatas ! format rancangan sebagai berikut
:
§ Rumusan permasalahan
§ Rumusan hipotesis
§ Alat dan bahan
§ Langkah kerja
§ Tabel hasil pengamatan
No
|
Larutan
|
Warna kertas
lakmus
|
keterangan
|
|
merah
|
biru
|
|||
1
|
Cuka
|
|
|
|
2
|
Air sumur
|
|
|
|
3
|
Akuades
|
|
|
|
4
|
Alkohol
|
|
|
|
5
|
Air sabun
|
|
|
|
6
|
Asam klorida
|
|
|
|
7
|
Natrium hidroksida
|
|
|
|
8
|
Air gula
|
|
|
|
9
|
Air kapur
|
|
|
|
10
|
Air garam
|
|
|
|
5. Tulislah hasil pengamatan kelompok anda ke dalam tabel
!
6. Buatlah laporan hasil pengamatan kelompok, dan
diskusikanlah !
7. Kesimpulan apa saja yang anda peroleh ?
Free inqueri

Kertas
lakmus merupakan indikator yang paling mudah untuk digunakan . Hal ini terjadi
karena kertas lakmus memiliki rentang pH yang sangat luas. Kertas lakmus
memiliki rentang pH dari 0 – 14, dengan 0 sebagai titik paling asam, 7 titik
netral, dan 14 sebagai titik paling basa.
Kertas lakmus terdiri dari kertas lakmus merah
dan kertas lakmus biru. Kertas lakmus merah akan menjadi
berwarna biru ketika berada pada larutan yang bersifat basa, dan tatap merah
pada larutan yang bersifat asam. Kertas lakmus biru akan menjadi berwarna merah
ketika berada pada larutan yang bersifat asam, dan tatap biru pada larutan yang
bersifat basa. Perubahan warna yang sangat jelas ini membuat kertas lakmus
sangat mudah untuk digunakan, dan cenderung hanya dihafal. Sedangakan bagaimana
proses yang terjadi sehingga menyebabkan perubahan warna tidak pernah dibahas,
sehingga konsep yang dimikili oleh siswa sangat rendah.
Perubahan warna apa
yang terjadi pada kertas lakmus dalam larutan yang bersifat basa?
Perubahan warna yang mampu dihasilkan oleh kertas lakmus
sebenarnya disebabkan karena adanya orchein (ekstrak lichenes) yang berwarna
biru di dalam kertas lakmus.Lakmus biru dibuat dengan menambahkan ektrak lamus
yang berwarna biru ke dalam kertas putih. Kertas akan menyerap ekstrak lakmus
yang selanjutnya dikeringkan dalam udara terbuka, sehingga dihasilkan kertas lakmus
biru. Kertas lakmus biru pada larutan yang bersifat basa akan tetap biru,
karena orchein merupakan anion, sehingga tidak akan bereaksi dengan anion
(OH-). Dalam suasana asam, akan terjadi mekanisme berikut.
Struktur tersebut menunjukkan terjadinya perubahan jenis
ikatan , perubahan posisi ikatan rangkap terkonjugsai, dan delokalisasi.
Perbedaan ini menyababkan terjadinya perubahan penyerapan panjang gelombang
yang lebih tinngi, yang ditangkap oleh mata kita sebagai warna merah.
Perubahan warna apa
yang terjadi pada kertas lakmus dalam larutan yang bersifat asam?
Kertas lakmus merah dibuat dengan proses yang sama dengan
pembuatan kertas lakmus biru, tetapi ditambahkan sedikit asam sulfat atau asam
klorida agar warnanya menjadi merah. Sehingga mekanisme reaksi orchein pada
suasana asam akan kembali terjadi. Apabila ketas lakmus merah dimasukkan ke
dalam larutan yang bersifat asam, warnanya akan tetap merah karena lakmus merah
memang merupakan orchein dalam suasana asam. Sedangkan, apabila kertas lakmus merah
ditambahkan larutan yang bersifat basa, maka orchein yang berwarna biru akan
kembali.
Casino near you (Salon Rd) | MapYRO
BalasHapusHotels near Casino Near 여주 출장마사지 You. 3131 Highway 37, Salon 제주도 출장샵 Rd, Salon, NV, 89109. Get Directions 서울특별 출장마사지 · 안성 출장마사지 1-888-777-1000. Call Now · More Info. Hours, Accepts Credit 포항 출장마사지 Cards,